Gatal Saluran Kemih Pria, Apakah Tanda Penyakit Serius?

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 
Reply
klinikkelaminjk
New Content Contributor

Gatal Saluran Kemih Pria, Apakah Tanda Penyakit Serius?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta - Sensasi gatal pada saluran kemih bisa menjadi gejala yang mengkhawatirkan, terutama ketika dialami oleh pria. Meskipun gatal pada saluran kemih dapat disebabkan oleh berbagai faktor, ada beberapa kondisi yang memerlukan perhatian serius.

Untuk itu, simak pembahasan kali ini tentang kemungkinan penyebab gatal saluran kemih pada pria dan apakah kondisi tersebut dapat dianggap sebagai penyakit serius?

 

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Salah satu penyebab paling umum gatal pada saluran kemih adalah infeksi saluran kemih (ISK). Bakteri yang masuk ke saluran kemih dapat menyebabkan iritasi dan gatal.

Meskipun ISK umumnya dapat diobati dengan antibiotik, infeksi yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan masalah serius seperti infeksi ginjal.

 

2. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual, seperti gonore atau klamidia, dapat menyebabkan gatal pada saluran kemih yang pria alami.

Penting untuk mencari pengobatan segera di Klinik Utama Sentosa Jakarta jika terdapat kecurigaan adanya PMS, karena penanganan dini dapat mencegah komplikasi lebih lanjut.

 

3. Prostatitis

Peradangan pada prostat dapat menimbulkan gatal pada saluran kemih. Prostatitis dapat bersifat akut atau kronis, dan kedua kondisi tersebut memerlukan perhatian medis. Prostatitis yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius pada kesehatan prostat dan sistem kemih.

 

4. Batu Ginjal

Keberadaan batu ginjal yang mengiritasi saluran kemih dapat menyebabkan rasa gatal. Selain gatal, batu ginjal juga dapat menyebabkan nyeri dan kesulitan buang air kecil.

Jika batu ginjal tidak diatasi, dapat terjadi penyumbatan saluran kemih yang akhirnya memerlukan perawatan medis segera.

 

5. Iritasi Akibat Bahan Kimia atau Sabun

Penggunaan sabun atau bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan iritasi pada area genital pria juga bisa menjadi penyebab gatal pada saluran kemih. Pilihan produk kebersihan yang tepat dapat membantu menghindari iritasi ini.

 

6. Kondisi Kulit

Beberapa kondisi kulit, seperti dermatitis, psoriasis pada area genital, bahkan balanitis dapat menyebabkan gatal pada saluran kemih pria. Pengelolaan kondisi kulit ini dengan konsultasi medis dokter andrologi di Klinik Utama Sentosa dapat membantu meredakan gejalanya.

 

7. Kanker Saluran Kemih

Meskipun jarang, gatal pada saluran kemih juga dapat menjadi gejala kanker saluran kemih. Ini termasuk kanker kandung kemih atau kanker prostat. Penting untuk mengidentifikasi gejala ini secara dini untuk perawatan yang optimal.

 

Kesimpulan:

Gatal pada saluran kemih pria dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan penyebabnya seringkali memerlukan perhatian medis. Jika mengalami gejala gatal yang persisten atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri, perubahan warna urin, atau demam.

Pastikan segera konsultasikan dengan profesional kesehatan genital di Klinik Utama Sentosa. Diagnosis dan penanganan dini akan membantu mencegah komplikasi serius dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

*Hubungi hotline dokter Klinik Utama Sentosa 0812–1230–6885 atau melalui live chat dan WA gratis 24 jam, sekarang!

Sumber: Klinik Utama Sentosa